Cara Merawat Rambut Smoothing

15 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama

60 views

Cara Merawat Rambut Smoothing – Salah satu fashion rambut yang sangat banyak diminati adalah trend rambut smoothing. Smoothing ini sendiri berguna untuk meluruskan rambut, baik itu rambut keriting maupun rambut bergelombang. Mengapa harus rambut lurus?, tidak bisa dipungkiri memang kalau rambut lurus ini kelihatan lebih menarik dan lebih cantik. Wajar kalau banyak wanita yanng menjalani proses smoothing untuk rambut mereka.

Biasanya proses smoothing rambut ini dilakukan di salon – salon dengan bantuan bahan kimia untuk meluruskan rambut. Maka tidak heran kalau ada saja gangguan yang akan dialami oleh rambut ketika selesai smoothing. Selain itu, ada juga hal – hal yang harus dilakukan untuk merawat rambut smoothing ini tetap lurus dan tidak mudah kembali pada bentuk rambut semula.

Cara Merawat Rambut Smoothing

Tidak sedikit juga wanita yang mengeluhkan kalau hasil smoothing rambut ini sebenarnya tidak bisa bertahan lama. Selain itu, banyak juga wanita yang mengeluhkan rambutnya menjadi rusak ketika selesai smoothing rambut. Nah, tentu hal ini akan menjadi masalah besar kalau tidak ditangani dengan benar dan dirawat dengan baik.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga rambut smoothing ini tetap lurus dan terhindar dari masalah – masalah rambut yang biasanya disebabkan oleh smoothing?. Ada banyak cara ataupun metode yang bisa anda lakukan. Berikut adalah beberapa cara merawat rambut smoothing agar tahan lama dan terhindar dari masalah rambut.

1. Jangan Langsung Keramas

Jangan Langsung Keramas

Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan ketika anda selesai smoothing rambut aMdalah jangan langsung keramas. Sebab kalau tidak, maka proses smoothing rambut yang anda jalani akan sia – sia saja dan tidak memberikan hasil apa – apa. Mungkin banyak diantara anda yang bertanya, kenapa demikian?. Alasanya tidak lain dikarenakan obat pelurus rambut pada smoothing harus terserap dulu dengan baik, baru bisa keramas rambut. Jadi, kalau anda langsung keramas setelah selesai smoothing, maka obat pelurus rambut tersebut akan luntur dan tidak memberikan efek apa – apa. Usahakan untuk tidak keramas setidaknya 3 atau 5 hari sejak proses smoothing dilakukan.

2. Menggunakan Kondisioner

Menggunakan Kondisioner

Kondisioner merupakan salah satu perawatan rambut yang sudah termasuk salah satu kewajiban bagi para wanita. Jadi, gunakan kondisioner ini setelah anda diperbolehkan keramas untuk melindungi rambut dari akar sampai ujung rambut. Selain itu, penggunaan kondisioner ini berguna untuk mencegah rambut berketombe, rambut gatal, dan juga mencegah rambut agar tidak mudah lepek. Hal ini akan sangat berguna untuk mempertahankan rambut smoothing bertahan lama.

3. Hidari Penggunaan Hairdryer

Hairdryer

Hairdryer seringkali digunakan untuk mengeringkan rambut dengan lebih cepat saat anda selesai keramas. Tanpa proses smoothing, sebenarnya proses penggunaan hairdryer ini tetap tidak disarankan karena beresiko merusak rambut dan membuat rambut menjadi kering. Jadi, saat anda selesai keramas dan menggunakan kondisioner, hindari menggunakan hairdryder dan biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Anda juga bisa menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut anda dengan lebih cepat. Dengan demikian, maka rambut smoothing anda akan tetap lembut dan halus.

4. Gunakan Masker Rambut

Masker Rambut

Masker rambut seringkali digunakan dengan tujuan untuk menjaga kelembutan rambut, mencegah terjadinya rambut rontok, memberikan nutrisi pada rambut, dan juga menjaga rambut tetap sehat. Saat anda selesai smoothing tentu akan ada obat kimia yang menempel pada rambut anda berupa obat pelurus rambut. Setelah anda diperbolehkan keramas, keramaslah dan gunakan masker rambut untuk menjaga rambut tetap sehat dan lembut.

5. Cukup Keramas 2 Minggu Sekali

Keramas

Keramas adalah suatu perawatan rambut yang sudah wajib untuk dilakukan. Keramas ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran – kotoran yang menempel pada rambut saat kita melakukan berbagai aktivitas setiap harinya. Waktu yang tepat untuk keramas adalah sekali keramas dalam 2 atau 3 hari. Namun setelah anda smoothing rambut, maka keramas cukup sekali dalam 2 minggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga rambut smoothing anda tetap lurus dan tidak langsung kembali pada bentuk rambut semula. Jadi, usahakan untuk memilih shampo yang paling cocok dengan karakteristik rambut anda.

6. Jangan Mengikat Rambut

Mengikat Rambut

Mengikat rambut seringkali dilakukan dengan tujuan membuat rambut lebih simple dan tidak merepotkan. Namun kalau rambut anda selesai smoothing, maka anda harus menghindari hal sepele seperti ini. Rambut yang smoothing rentan dan sangat mudah untuk kembali pada bentuk semula. Jadi, ketika anda mengikat rambut bukan tidak mungkin bekas ikatan akan membentuk rambut anda kembali pada bentuk semula.

7. Memotong Rambut Secara Rutin

Memotong Rambut

Cara merawat rambut smoothing yang selanjutnya bisa anda lakukan dengan cara memotong rambut pada bagian ujungnya saja. Jadi, anda tidak perlu memotong rambut harus dengan pendek, melainkan bagian ujungnya saja. Hal ini akan berguna untuk membuang rambut yang bercabang pada ujung dan juga mengurangi rambut – rambut yang kasar pada bagian ujungnya. Rambut smoothing biasanya memang akan lebih mudah bercabang dan terasa kasar pada bagian ujungnya.

8. Gunakan Sisir Kayu

Sisir Kayu

Jika anda baru saja selesai melakukan proses smoothing rambut, maka sebaiknya hindari menggunakan sisir berbahan plastik. Anda bisa memilih sisir dengan bahan kayu. Anda juga harus memperhatikan kerapatan sisir tersebut, dan usahakan menggunakan sisir yang tidak terlalu rapat. Penggunaan sisir plastik akan meningkatkan listrik statis pada rambut dan membuat rambut smoothing tidak bisa bertahan lama.

9. Melakukan Creambath

Creambath

Creambath adalah solusi lain dari penggunaan masker rambut. Namun walaupun anda sudah menggunakan masker rambut, tetap tidak ada salahnya untuk melakukan creambath rambut. Hal ini bertujuan untuk memberikan nutrisi yang cukup pada rambut dan mencegah kerusakan – kerusakan yang sering terjadi pada rambut setelah selesai proses smoothing.

10. Jangan Menggunakan Bahan Kimia Pada Rambut

Cat Rambut

Setelah anda selesai melakukan proses smoothing, maka usahkan untuk tidak menggunakan bahan  bahan kimia dalam perawatan rambut anda. Anda mungkin sangat suka dengan mewarnai rambut dan ingin mencobanya, sementara cat rambut sendiri memiliki kandungan kimia. Demi meminimalisir kerusakan rambut, maka usahakan untuk tidak menggunakan bahan – bahan kimia pada rambut anda.

11. Gunakan Bantal Berbahan Sutra atau Satin

Bantal Sutra

Bukan hanya hal besar yang penting untuk anda perhatikan, namun juga hal kecil setelah selesai melakukan proses smoothing rambut. Bahkan bantal pun harus anda perhatikan, demi mendapatkan hasil smoothing rambut yang tahan lama. Usahakan untuk menggunakan bantal berbahan satin atau sutra, dengan tujuan mengurangi rambut kusut.

12. Minimalkan Penggunaan Catokan Rambut

Catokan Rambut

Cara merawat rambut smoothing selanjutnya adalah dengan cara meminimalkan penggunaan catokan rambut. Tidak bisa dipungkiri kalau penggunaan catokan rambut secara berkala memang sangat penting untuk menjaga rambut tetap lurus. Namun untuk menghindari rambut rusak, maka usahakan untuk meminimalkan penggunaan alat pelurus rambut ini. Hal tersebut juga bertujuan untuk membuat kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik.

13. Berikan Nutrisi Yang Cukup Untuk Rambut

Nutrisi Untuk Rambut

Bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan asupan nutrisi dan gizi dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhannya. Rambut juga membutuhkan asupan nutrisi yang juga harus dipenuhi. Maka dari itu, anda harus rutin memberikan nutrisi yang baik untuk rambut anda, dengan tujuan menjaga kesehatan rambut dalam jangka panjang.

14. Gunakan Masker Alpukat

Alpukat

Untuk memberikan nutrisi yang cukup buat rambut smoothing anda, maka anda bisa menggunakan masker alpukat. Cara menggunakanya sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Anda cukup mengambil daging buah alpukat yang sudah matang, lalu haluskan dengan cara diblender. Setelah itu, oleskan alpukat yang sudah dihaluskan tadi pada seluruh bagian rambut anda dengan merata. Biarkan setidaknya selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

15. Gunakan Masker Yoghurt

Masker Yoghurt

Selain masker alpukat, anda juga bisa menggunakan masker yoghurt. Masker yoghurt ini juga bertujuan untuk memberikan nutrisi yang mencukupi buat rambut smoothing anda. Namun untuk perawatan rambut, maka anda harus menggunakan yoghurt plain ataupun yang sering disebut yoghurt tanpa rasa. Olesakan yoghurt pada rambut dengan merata, lalu biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibersihkan dengan menggunakan air bersih.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan sebagai cara merawat rambut smoothing dengan mudah. Perawatan – perawatan ini bertujuan untuk membuat rambut smoothing anda bertahan dalam waktu yang lama dan juga menghindarkan rambut dari masalah – masalah yang sering terjadi setelah smoothing. Itulah tadi beberapa cara merawat rambut smoothing yang bisa anda lakukan dengan mudah, semoga bermanfaat.

Galeri untuk 15 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Tahan Lama

Loading...