Franchise Barbershop: Peluang Usaha Bisnis Pangkas Rambut

0

Franchise Barbershop: Peluang Usaha Bisnis Pangkas Rambut – Kali ini, kita akan berbincang seputar peluang usaha di bisnis pangkas rambut pria atau istilah ngetren-nya Franchise Barbershop. Ketika kalian mengunjungi barbershop langganan kalian, apakah pernah terpikir untuk memiliki usaha pangkas rambut dengan sistem waralaba?

Simak ulasan Modelrambut.id di artikel ini ok, penting agi kalian yang ingin memiliki Franchise Barbershop!

Sedikit gambaran tentang binis pangkas rambut pria, terus terang bisnis ini sudah sejak jaman kami kecil ada. Hanya saja, dalam perkembangan nya memang tidak sepopuler saat ini tentunya. Pertumbuhan jumlah penduduk (pria) yang semakin besar, secara tidak langsung membuka peluang usaha bagi mereka-mereka yang memang ahli dalam hal pangkas memangkas.

Gampangnya, setidaknya seorang pria akan mengunjungi barbershop sebanyak 1 kali dalam 1 bulan. Selanjutnya, silakan hitung populasi pria yang ada di sekitar tempat tinggal kalian.

Terus, kira-kira apa saja sih yang patut kalian pertimbangkan ketika menjatuhkan pilihan untuk berbisnis pangkas rambut pria dengan sistem waralaba? Berikut 4 poin yang harus dijadikan sebagai checklist!

Faktor Penting Menjalani Bisnis Franchise Barbershop

Franchise Barbershop Peluang Usaha Bisnis Pangkas Rambut

1. Sistem Usaha Pangkas Rambut

Sistem bisnis adalah hal pertama dan wajib menjadi yang pertama ketika kita hendak mengambil sebuah waralaba. Karena secara garis besar, ketika kita mengambil waralaba usaha barbershop itu artinya kita membeli sebuah sistem yang memang sudah paten dan terbukti profitable bagi kita. Apa saja?

2. Target Pasar

Untuk memulai usaha barbershop anda harus menentukan target marker yang akan anda jangkau, untuk jenis usaha ini, target market utama adalah tempat dan di mana anda mendirikan usaha barbershop.

Mulai dari umur dan tran model, serta promo yang anda tawarkan bisa menjadi pemicu anda mendapatkan target market yang pas untuk anda olah menjadi iklan yang datanya bisa anda gunakan di media sosial. Seperti isntagram dan facebook.

3. Tenaga Barber

Tenaga ahli untuk anda pekerjakan menjadi barber, carilah tenaga ahli yang memiliki pengalaman, tetapi biasanya tenaga ahli seperti ini sangat sulit di cari, karena mereka tentu memilih membuka usaha sendiri, tetapi anda tidak ada salahnya mencoba mencari tenaga yang anda butuhkan saat ini.

Atau anda mencari orang yang mau belajar, dengan sekalian anda sisipkan promo dari mulut ke mulut, dengan memberi promo potong rambut gratis untuk di buat praktek belajar orang yang akan anda bimbing.

4. Perlengkapan Barbershop

Peralatan barbershop yang bisa anda siapkan tentunya, alat-alat cukur lengkap dan kursi meja serta hal-hal detil yang bisa anda list sendiri apa saja yang sekiranya anda butuhkan untuk mengisi barbershop anda.

5. Sistem Customer Service (Pelayanan Pelanggan)

Pelayanan yang memuaskan dan friendly akan bisa membuat usaha anda cepat mendapatkan reputasi dan rekomendasi, melaui sosial media atau mulut ke mulut. Semakin usaha anda di bicarakan dengan baik, maka usaha anda akan semakin ramai.

6. Brand Waralaba Barbershop

Brand atau yang lebih kita kenal dengan Merk adalah salah satu faktor yang tidak boleh diabaikan. Brand atau Merk yang sudah dikenal oleh banyak kalangan yang berada dalam Target Pasar tentu akan lebih mudah mendatangkan customer jika dibandingkan dengan Brand usaha pangkas rambut yang baru saja berdiri. Saran kami, pilihlah brand yang sudah berpengalaman dari 5 tahun.

Apakah ada jaminan jika sudah berpengalaman pasti bagus? Secara obyektif iya karena itu berarti mereka telah memiliki track record yang terbukti ok.

  • ROI & BEP Waralaba Barbershop

Kami tidak akan membahas apakah kalian adalah investor yang sudah berpengalaman atau bukan, tapi lebih pada fakta yang kami temui di bisnis pangkas rambut pria.

Berbicara soal franchise pastilah tidak jauh dari kata investasi. So, hal yang harus kita perhatikan pertama kali adalah melihat performance barbershop yang akan kita franchise.

Faktor Utama Untuk Melihat Performa Barbershop

Faktor Utama Untuk Melihat Performa Barbershop

1. Break Even Point

Break Even Point atau BEP adalah waktu pengembalian modal – waktu yang dibutuhkan agar apa yang kita investasikan kembali (titik impas). Penting sekali ditanyakan hal ini kepada pemilik Franchise, karena hal disitulah bisnisnya. Dari pengalaman kami, ada hal yang cukup mengejutkan juga karena salah satu Barbershop yang punya nama besar di Indonesia, bahkan tidak tahu BEP nya.

Ibarat sudah sering pergi bolak balik dari tempat A ke B, tapi tidak tahu berapa bensin yang dibutuhkan.

Kami sangat tidak merekomendasikan untuk mengambil waralaba dari barbershop yang seperti ini, karena itu sama saja seperti memilih kambing dalam karung hahahaha.

2. Return On Investment

Setelah BEP kita tahu, tentunya kita memiliki gambaran akan pengembalian hasil investasi. Kita invest berapa dapetnya berapa, mudahnya seperti itu. Terutama bagi kalian yang suka berinvestasi di sektor riil dengan modal pinjaman dari Bank, faktor yang satu ini harus diperhatikan dengan seksama agar tidak meleset.

3. Sharing Profit Bisnis Pangkas Rambut

Hal ini wajib kita tahu sebagai investor/pembeli waralaba bisnis barbershop. Sebagai contoh: perhitungan pembagian keuntungan termasuk apakah kita sebagai investor hanya membayar royalti, atau harus membeli barang-barang kebutuhan dari pemilik franchise.

Lebih lanjut soal pajak, tanyakanlah dengan jelas bagaimana sistem perpajakannya. Bagaimana aturannya yang jelas. Jangan sampai kita tidak tahu dan ternyata si pemilik franchise tidak bayar pajak.

4. Harga dan Layanan kepada Pelanggan Usaha Barbershop

Pastilah pernah kalian mengamati soal harga. Ada yang diatas 50rb, ada yang diatas 100rb dsb. Yang pasti guys, harga murah belum tentu pelayanan nggak bagus pun sebaliknya, harga mahal toh bukan berarti ndak akan kedatangan pelanggan.

Semau ini tentang targeting calon pelanggan. Jadi, ada baiknya sebagai calon investor untuk melakukan review tentang target pasar.

5. Support dan Pelatihan Franchise Barbershop

Sebagai investor, kalian berhak untuk tahu seberapa jauh support dari manajemen pemilik franchise termasuk dalam hal pelatihan – keterampilah, keahlian, etika dan lain-lain.

Penting banget ini karena kami pernah menjumpai salah satu barbershop yang cukup ternama, usahanya ditutup sementara HANYA KARENA sumber daya manusianya (tukang potong) nya tidak ada. It’s so unprofessional!

6. Pemilihan Lokasi Bisnis Pangkas Rambut

Secara umum, total biaya investasi sangat dipengaruhi oleh pemilihan lokasi. Jadi silakan tanyakan kepada divisi riset dari pemilik Franchise, lokasi yang tepat untuk membuka waralaba barbershop plus alasan atau latar belakangnya.

Maksud kami, jangan hanya sebuah rekomendasi verbal, tapi lebih pada rekomendasi yang berdasarkan data.

Kesimpulan Bisnis Franchise Barbershop

Sebagai kesimpulan dari poin yang telah kami tulis diatas, jadilah investor yang teliti dan cermat. Pahami bisnisnya tidak hanya karena saat ini lagi booming, tapi juga forecast untuk jangka pendek, menengah dan panjang dan dapatkan informasi yang detail dari pemilik franchise berdasarkan data lapangan dan bukan hanya omongan.

Selamat mencoba peluang usaha bisnis pangkas rambut pria!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Ayo Komentari

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More