Pewarna Rambut Alami

15 Pewarna Rambut Alami Menggunakan Tumbuhan

211 views

Pewarna Rambut Alami – Fashion rambut memang tidak akan pernah ada habisnya di kalangan para wanita. Pernyataan tersebut memang benar adanya dan tidak boleh disangkal lagi. Walaupun memang tidak semua wanita menyukai proses mewarnai rambut, namun beberapa diantara mereka masih doyan untuk mewarnai rambut demi mempercantik rambut dan penampilan.

Namun tentu tidak semua orang menginginkan warna rambut dengan proses penggunaan pewarna rambut kimia. Hal ini karena pewarna rambut bisa saja menyebabkan rambut rusak, rambut bercabang, rambut kering dan juga rambut kasar. Nah, untuk menghindari masalah seperti ini, maka anda masih bisa menggunakan pewarna rambut alami, yang tentunya lebih aman untuk rambut anda.

Pewarna Rambut Alami

Berbagai tumbuhan bisa anda manfaatkan sebagai pewarna rambut alami yang minim efek samping. Selain itu, rambut anda juga akan lebih sehat dengan pewarna rambut seperti ini. Bukan hanya memberikan warna tertentu buat rambut, namun pewarna rambut alami ini juga bisa berguna untuk menutrisi rambut anda lebih sehat. Berikut adalah beberapa pewarna rambut alami yang bisa anda coba.

1. Menggunakan Teh Hitam

Teh Hitam

Pewarna rambut alami yang pertama adalah dengan menggunakan teh hitam. Memang bukan sembarang teh yang bisa anda gunakan, melainkan hanya teh hitam saja. Teh hitam ini berguna untuk memberi warna hitam berkilau untuk rambut. Bahan ini tentu sangat cocok digunakan oleh orang – orang yang memiliki uban. Cara penggunaanya, seduh teh hitam terlebih dahulu tanpa gula, kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut anda. Biarkan selama beberapa saat dan jangan terburu – buru untuk mencuci rambut, agar teh hitam meresap ke dalam rambut terlebih dahulu.

2. Menggunakan Cangkang Kenari

Cangkang Kenari

Jika anda ingin menyingkirkan uban dari rambut anda dan terlihat lebih awet muda, maka cangkang kenari ini sangat cocok untuk anda gunakan. Cara penggunaanya sama sekali tidak susah, pertama hancurkan cangkang kenari, lalu tebus dengan air bersih sampai mendidih. Tunggu sampai dingin, lalu saring air rebusan cangkang kenari tersebut. Gunakan air rebusan ini untuk mewarnai rambut anda, dengan cara mengoleskannya pada rambut. Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas dengan menggunakan air.

3. Menggunakan Jus Lemon

Kemiri
Jus Lemon

Untuk anda yang menginginkan rambut berwarna terang, maka jus lemon adalah bahan yang sangat tepat untuk anda gunakan. Selain itu, jus lemon ini juga berguna untuk mengatasi rambut kering yang mungkin anda alami. Anda hanya perlu memotong lemon, lau memerasnya untuk mendapatkan airnya. Campurkan air perasan lemon dengan sedikit air, lalu aplikasikan pada rambut anda. Biarkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air. Dengan cara ini, maka anda akan mendaptkan rambut berwarna coklat terang tanpa harus memikirkan efek samping.

4. Menggunakan Kemiri

 

Anda tentu sudah tahu khasiat kemiri untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Selain bisa memberi warna hitam alami pada rambut, kemiri ini juga berguna untuk menjaga kelembaban alami rambut anda dan memberinya nutrisi yang cukup. Cukup bakar kemiri sampai gosong, lalu kemudian haluskan untuk mendapatkan minyak kemiri. Minyak kemiri ini bisa anda aplikasikan pada rambut dengan cara mengoleskannya, lalu biarkan setidaknya selama kurang lebih 30 menit sebelum dibersihkan.

5. Menggunakan Buah Bit

Buah Bit

Untuk anda yang menginginkan rambut berwarna coklat kemerahan, maka pewarna rambut alami yang paling tepat adalah dengan menggunakan buah bit. Kandungan zat antosianin pada buah bit akan membantu anda mewujudkan keinginan tersebut. Pertama, potong – potong buah bit, lalu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah itu, anda bisa menambahkan sedikit bubuk henna, lalu oleskan pada rambut dengan merata. Biarkan selama kurang lebih 2 jam sebelum dibersihkan dengan menggunakan air.

6. Menggunakan Pandan

Pandan

Untuk mendapatkan rambut hitam alami berkilau, maka anda juga bisa menggunakan pandan. Cara menggunakannya sangatlah mudah dan tidak susah untuk anda kerjakan sendiri. Cukup bersihkan daun panda yang masih segar sebanyak 7 helai, lalu kemudian potong menjadi kecil – kecil. Setelah itu, rebus sampai mendidih, dan dinginkan air rebusan tersebut selama semalam penuh. Keesokan paginya, anda bisa menggunakan air rebusan pandan ini untuk mengolesi rambut anda dengan merata. Lakukan perawatan ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mendaptkan hasil yang lebih maksimal.

7. Menggunakan Kayu Manis dan Cengkeh

Kayu Manis dan Cengkeh

Campuran kedua bahan ini bis anda gunakan untuk mendapatkan rambut dengan warna coklat muda. Hasilnya juga sangat bagus, dan tidak jauh berbeda dengan penggunaan pewarna rambut kimia. Cukup siapkan setengah cangkir bubuk cengkeh dan setengah cangkir bubuk kayu manis. Masukkan kedua bahan tersebut dalam wadah yang sama, lalu tambahkan sedikit air dan aduk hingga rata hingga membentuk pasta. Setelah itu, gunakan campuran bahan – bahan ini untuk mengolesi rambut anda, dan biarkan selama kurang lebih 1 jam sebelum dibersihkan menggunakan air bersih.

8. Menggunakan Kunyit

Kunyit

Untuk anda yang menginginkan rambut dengan warna pirang dengan cara penggunaan pewarna rambut alami, maka anda bisa memilih untuk menggunakan kunyit. Caranya, cuci terlebih dahulu kunyit yang masih segar, lalu parut sampai halus. Setelah itu, tambahkan sedikit air dan saring untuk mendaptkan air kunyit yang bersih. Gunakan air kunyit ini untuk mengolesi rambut anda, dan remas – remas rambut anda dengan merata. Anda juga bisa mengulangi cara ini untuk mendapatkan rambut berwarna pirang dengan lebih cepat.

9. Menggunakan Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Anda masih berusia muda namun memiliki uban di kepala tentu merupakan sesuatu hal yang sangat menjengkelkan. Namun untuk mendapatkan rambut hitam dan menutupi uban, maka anda cukup menggunakan kelopak bunga sepatu tersebut saja. Campurkan kelopak bunga sepatu dengan minyak zaitun, lalu panaskan dengan cara direbus dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, oleskan air rebusan tersebut pada rambut anda dan biarkan selama kurang lebih 30 menit sebelum dibersihkan dengan menggunakan air.

10. Menggunakan Henna

Henna

Mungkin sudah banyak diantara anda yang tahu kalau henna bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami yang sangat bagus. Bahkan sudah sejak dulu henna ini digunakan untuk keperluan mewarnai rambut, mewarnai kuku, dan juga mewarnai kulit. Untuk mewarnai rambut dengan menggunakan tanaman henna, maka campurkan bubuk henna secukupnya dengan 2 gelas jus lemon. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada rambut anda untuk mendaptkan warna oranye.

11. Menggunakan Daun Urang Aring

Daun Urang Aring

Mungkin sudah banyak diantara anda yang tahu khasiat daun urang aring untuk kesehatan maupun untuk kecantikan rambut. Namun mungkin masih banyak yang kurang tahu kalau daun urang aring ini bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami. Untuk lebih cepat, anda bisa menggunakan minyak urang aring yang banyak dijual di toko kosmetik. Namun untuk mendaptkan hasil yang lebih maksimal, maka anda bisa menggunakan daun urang aring secara manual. Ambil dan bersihkan daun urang aring, kemudian tumbuk sampai halus. Selanjutnya tambahkan sedikit air, lalu aplikasikan pada rambut. Biarkan setidaknya 1 jam sebelum dibersihkan dengan menggunakan air.

12. Menggunakan Daun Jelatang

Daun Jelatang

Daun jelatang yang memiliki banyak nutrisi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Selain itu, daun jelatang ini juga bisa anda gunakan sebagai bahan pewarna rambut alami yang minim akan efek samping. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka anda bisa menggabungkannya dengan daun rosemary. Caranya campukran daun jelatang dengan daun rosemary lalu haluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu, aplikasikan pada rambut dan biarkan selama beberapa saat sebelum dibersihkan dengan menggunakan air.

13. Menggunakan Bunga Calendula

Bunga Calendula

Mungkin banyak diantara anda yang sudah tahu kalau bunga calendula memiliki banyak manfaat untuk kesehatan secara herbal. Namun bukan hanya itu, bunga calendula juga bisa anda gunakan sebagai bahan pewarna rambut alami yang aman dari efek samping. Pertama, siapkan bunga calendula dengan kelopak bunga hibiskus, lalu tumbuk hungga halus. Rendam dengan menggunakan air bersih, lalu aplikasikan pada rambut. Biarkan setidaknya selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air.

14. Menggunakan Daun Pandan dan Buah Mengkudu

Daun Pandan dan Buah Mengkudu

Untuk anda yang menginginkan rambut berwarna hijau dengan cara alami, maka anda bisa menggunakan daun pandan yang dikombinasikan dengan buah mengkudu. Anda bisa terlebih dahulu membersihkan 7 helai daun pandan yang masih segar, lalu kemudian potong – potong kecil. Rebus pandan tersebut, lalu biarkan selama 1 malam penuh. Keesokan harinya, campur air rebusan pandan tersebut dengan jus mengkudu, lalu aplikasikan pada rambut anda dengan merata. Biarkan selama beberapa saat sebelum dibersihkan dengan menggunakan air. Lakukan perawatan ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

15. Menggunakan Kopi

 

Untuk mendapatkan rambut dengan warna hitam berkilau, maka anda bisa menggunakan kopi. Caranya sangat mudah, hanya dengan merebus kopi. Setelah mendidih, dinginkan dan ambil ampas kopi tersebut. Gunakan ampas kopi ini sebagai masker rambut alami, lalu biarkan setidaknya selama 15 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Anda akan mendapatkan rambut hitam berkilau dengan pewarna rambut alami, yang tentunya lebih aman dan minim akan efek samping.

Anda banyak tumbuhan maupun bahan – bahan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami. Namun tidak semua bahan – bahan tersebut yang akan memberikan warna dengan cepat. Anda mungkin harus melakukan perawatan tersebut dengan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Itulah tadi beberapa pewarna rambut alami yang bisa anda gunakan sebagai pengganti cat rambut, semoga bermanfaat.

Galeri untuk 15 Pewarna Rambut Alami Menggunakan Tumbuhan

Loading...